Makanan untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

 

Makanan untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Makanan untuk Penderita Diabetes

Memilih makanan untuk penderita diabetes yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi memang cukup merepotkan. Pasalnya ada beberapa menu makanan yang dilarang bagi penderita diabetes agar penyakit yang diderita tidak menjadi semakin parah. 

Umumnya, penderita diabetes dilarang mengkonsumsi aneka jenis makanan yang mengandung gula terlalu tinggi. Untuk itulah, penting kiranya mengetahui apa saja makanan yang dianjurkan dan aman untuk penderita diabetes demi menjaga kesehatan tubuh. 

Baca Juga : Gejala dan Ciri - Ciri Diabetes pada Laki - Laki


Inilah Makanan Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes


Apabila Anda menderita diabetes, terdapat beragam jenis makanan yang dapat dijadikan pilihan sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Ikan


Terdapat beberapa jenis ikan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes seperti ikan salmon, teri, sarden, dan makarel. Kandungan yang EPA dan DHA yang terdapat pada jenis ikan tersebut mampu melindungi sel pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi arteri. 


2. Alpukat


Makanan untuk penderita diabetes yang berikutnya adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan lemak yang cukup baik untuk menjaga kondisi gula darah dalam tubuh. Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu mengurangi resistensi insulin bagi penderita diabetes. 


3. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan juga boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jenis makanan ini tak hanya kaya akan gizi namun juga vitamin B, kalium, kalsium, serat, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh. 


Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah agar tidak berlebih. 


4. Brokoli

Makanan untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Rekomendasi makanan untuk penderita diabetes yang berikutnya adalah brokoli. Sebagai informasi, brokoli merupakan jenis sayuran bergizi yang rendah kalori. Dengan mengonsumsi brokoli, maka kadar gula darah dapat tetap stabil karena kandungan sulforaphane di dalamnya yang mampu mencegah naiknya gula darah. 


5. Minyak Zaitun


Minyak Zaitun memiliki kandungan asam oleat, yakni sejenis lemak tak jenuh. Asam oleat pada minyak zaitun mampu meningkatkan glikemik indeks untuk mengurangi kadar gula darah. 


Selain itu, minyak zaitun juga memiliki zat polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga baik untuk menjaga tubuh dari peradangan, menurunkan tekanan darah, serta melindungi sel-sel pelapis pembuluh darah. 


6. Jagung


Seperti halnya kacang-kacangan, jagung juga memiliki nilai indeks glikemik yang sangat rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama dicerna oleh tubuh. Hal inilah yang membuat kadar gula darah tidak cepat naik setelah makan jagung. 


7. Ubi Jalar


Selain dapat dijadikan sebagai pengganti nasi, mengonsumsi ubi jalar juga memberikan manfaat yang sangat baik dalam mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes. Makanan yang satu ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari kentang sehingga aman dikonsumsi.

Itulah beberapa pilihan makanan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. Selain itu, jenis makanan di atas dapat dijadikan alternatif pengganti nasi karena memiliki kandungan lemak serta karbohidrat yang baik untuk tubuh. Semoga bermanfaat.  


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama